Rabu, 07 Januari 2015

Cara Membuat Bibit Cabai Rawit Sendiri

Akhir-akhir ini kita dihebohkan dengan harga barang yang serba naik. tidak ketinggalan dengan bahan dapur, salah satunya cabai. Kita coba untuk memutuskan membuat eksperimen baru dalam budidaya cabai rawit untuk memenuhi kebutuhan dapur.

Sekarang kita mencoba Membuat Bibit Cabai Rawit Sendiri langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain:
  • Memetik langsung dari pohon indukan nya, supaya kita mengetahui dan memastikan bahwa buah cabai calon bibit bener-bener tua.
  • Setelah buah cabai calon bibit didapat kemudian keringkan dengan cara di jemur.
  • Buah cabai calon bibit yang sudah dijemur kemudian dikupas kulitnya dan diambil bijinya, hati-hati dalam melakukan ini anda bisa meniru cara saya lihat pada video dibawah, supaya tangan kita tidak cabean biasa saya sebut lombokan, karena kulit terkena cairan cabai rasanya panas menyengat dan lama sembuhnya.
  • Biji yang telah kita dapatkan kemudian di jemur untuk memastikan semua kering, karena setelah kering kita dapat menyortir mana kualitas biji yang kurang bagus untuk dibuang.
  • Kemudian kita semai dalam wadah sebagai media sampai biji cabai berkecambah, kemudian bisa kita pindahkan dalam plastik polybag kecil supaya mempermudah kita menanamnya.
  • Pada usia 1 bulan atau 3 minggu dalam plastik polybag kecil bibit cabai bisa kita tanam pada tanah yang sudah diolah dan siap ditanami.
Memilih Cabai yang benar-benar sudah tua/matang dari pohon

Menjemur Cabai yang Sudah Matang
Biji Cabai yang sudah dipisahkan dari kulitnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar