Kamis, 25 September 2014

MEMBUAT BOM ASAP (Smoke bomb)

 
Kali ini kita akan membahas bagaimana membuat smoke bomb. Berbeda dengan bomb yang digunakan kasus yang marak akhir-akhir ini, smoke bomb atau bom asap tidak berbahaya. Selain itu, smoke bomb juga dapat dengan mudah dibuat menggunakan bahan-bahan sederhana  di rumah kita. Ada dua jenis smoke bomb yang akan kita bahas dalam tulisan ini, yaitu klasik smoke bomb dan ultimate colour smoke bomb.

Klasik smoke bomb
Klasik smoke bomb sangat mudah dibuat, namun hanya menghasilkan asap yang berwarna putih saja. Bahan utama pembuatan klasik smoke bomb adalah gula pasir dan potasium nitrat (merupakan pupuk tanaman, dapat dibeli di toko pupuk).

Cara 1 : cepat, namun agak sedikit kurang aman

Campurkan dua bagian gula dan tiga bagian potasium nitrat (misal 2 sendok makan gula dan 3 sendok makan potasium nitrat, terserah sebanyak apa yang dibuat namun usahakan 2 : 3) di pengorengan. Panaskan dengan api sedang (jangan terlalu besar ) sambil diaduk dengan sendok plastik.  Pemanasan dan pengadukan dilakukan hingga gula dan potasium nitrat meleleh dan tercampur sempurna membentuk pasta kemudian jauhkan dari api. Dengan menggunakan sendok plastik sebagai cetakan, buat bulatan dengan adonan tersebut seperti saat membuat kue. taruh adonan di alumunium foil dan biarkan mengering.
Bawa smoke bomb yang telah dibuat ke lapangan terbuka. Dekatkan api kecil ke smoke bomb tersebut dan asap yang besar dan banyak akan muncul seperti yang ada di film dan game.
Detail bisa dilihat di situs berikut :


Cara 2 : sedikit lebih lama namun lebih aman

Cara berikut insya Allah lebih aman, namun sedikit lebih lama karena tidak menggunakan pemanasan saat mencampurkan gula dengan potasium nitrat. Campurkan dua bagian gula dan tiga bagian potasium nitrat (misal 2 sendok makan gula dan 3 sendok makan potasium nitrat, terserah sebanyak apa yang dibuat namun usahakan 2 : 3) di baskom plastik. Tambahkan sedikit air dan aduk (pake sendok plastik) hingga merata dan membentuk pasta. Selanjutnya taruh di atas alumunium foil dengan cara sama seperti cara 1. Biarkan 1 – 2 hari (tergantung suhu udara dan kelembaban) agar adonan yang telah dicetak mengering, Smoke bomb siap digunakan seperti cara sebelumnya.

Ultimate colour smoke bomb
 

Jika klasik smoke bomb hanya menghasilkan warna putih maka ultimate smoke bomb dapat menghasilkan warna asap yang berwarna warni seperti pada game dan film. Prosedur pengerjaan sebenarnya sama dengan klasik, namun kita perlu menambahkan 2 – 3 sendok makan pewarna pakaian atau lukisan yang tahan air pada pasta campuran gula dan potasium nitrat. Tambahkan juga 1 sendok teh soda kue dan aduk hingga merata.

cara menggunakan smoke bomb ultimate sama seperti klasik smoke bomb
Selamat Mencoba ..!!!!!!!!!!

1 komentar: