Sabtu, 13 Desember 2014

Inilah Buah Yang Bisa Jadi Penenang Alami


Penelitian menemukan bahwa pilihan makanan ini dapat berkontribusi pada kesehatan mental, menangkal efek psikis stres yang berbahaya, dan meningkatkan ketenangan.
  
 1. Asparagus

Mengonsumsi asparagus bisa menimbulkan efek samping warna urin memudar dan membuat urin berbau. Tapi, itu hanyalah sedikit harga yang harus Anda bayar untuk semua folat yang telah diberikan oleh sayur ini. Vitamin B sangat penting dalam membantu Anda tetap tenang ketika stres melanda. Kukus beberapa batang asparagus dan tambahkan ke dalam salad, atau aduk ke dalam tumisan. Asparagus juga enak jika sekadar dipanggang dan dibumbui. 

2. Avokado

Selain dikenal sebagai sumber lemak baik, buah hijau bertekstur lembut ini juga bermanfaat dalam menangkal stres. Buah ini kaya akan glutathione, senyawa yang memblok penyerapan beberapa jenis lemak di usus yang menyebabkan kerusakan oksidatif (proses yang membentuk radikal bebas, senyawa berbahaya yang bertanggung jawab dalam proses penuaan). Avokad juga mengandung lebih banyak folat dibanding buah lain. Cobalah untuk menyajikannya dalam porsi tunggal (sekitar satu seperempat buah avokad). Potongan tipis avokad dapat dimasukkan ke dalam salad atau menggantikan mayones pada sandwich atau burger.
 
 3. Berry

Semua keluarga berry, termasuk blueberry, strawberry, raspberry, dan blackberry, kaya akan vitamin C, yang telah terbukti bermanfaat untuk membantu memerangi stres. Peneliti Jerman menguji hal ini dengan meminta 120 responden untuk memberikan pidato dan kemudian melakukan persamaan matematika yang kompleks. Mereka yang telah diberi vitamin C ternyata memiliki tekanan darah dan kadar kortisol lebih rendah setelah paparan stres ini. Tambahkan segenggam buah berry ke dalam salad, yogurt, atau oatmeal. Atau, coba makan dalam keadaan beku.  

 4.Jeruk 

Selain sebagai sumber vitamin C, jeruk memberikan manfaat ekstra: Menjaga kulit tetap elastis. Cobalah berbagai jenis varietas jeruk, seperti jeruk Medan, jeruk Pontianak, atau jeruk Bali. 

5. Tiram

Anda mungkin berpikir bahwa tiram akan diklasifikasikan ke bagian makanan yang bikin seksi. Iya, ‘kan? Yang jelas tiram dikategorikan sebagai makanan yang bikin tenang karena makanan ini mengandung mineral seng. Enam buah tiram-porsi yang biasa akan disajikan di restoran sebagai hidangan pembuka-memberikan lebih dari setengah kebutuhan yang direkomendasikan untuk mineral ini. Tiram cukup enak dikonsumsi dengan saus cocktail, lobak, atau saus mignonette. Untuk rasa yang lebih sederhana, cukup kucuri dengan perasan lemon. 

6. Kenari

Penelitian membuktikan bahwa kacang kenari memberikan banyak manfaat pada fungsi otak. Kenari mengandung asam alphalinolenic, asam lemak esensial omega-3, dan polifenol lainnya yang telah terbukti membantu mencegah hilangnya memori. Dan penelitian yang dilakukan National Institutes of Health, AS, menemukan bahwa asam lemak omega-3 dalam kenari juga berfungsi menjaga kadar hormon stres kortisol dan adrenalin dalam batas normal. Untuk rasa yang lebih baik, panggang kenari selama beberapa menit dalam oven panas, kemudian potong dan tambahkan ke dalam salad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar